Arsitektur Database Oracle (1)

Arsitektur Database Oracle terdiri dari 2 bagian:

  • Instance Database
  • Database
Instance database adalah segala hal yang berhubungan dengan Memory.

Sedangkan Database adalah bentuk Physical dari database oracle, dimana terdapat 3 bagian, yakni: Datafiles, Controlfiles dan Redo logfiles.


Instance Database Structure
Instance database terdiri dari blok besar SGA (Shared/System Global Area) dan PGA (Private Global Area).

Blok Database Instance.
from docs.oracle.com

Di dalam SGA Terdapat : 
  • Mandatory: Shared Pool, Database Buffer Cache, Redo Log Buffer, Streams Pool 
  • Optional : Large Pool dan Java Pool
Jadi, SGA adalah kumpulan (group) dari struktur shared memory yang memuat data dan informasi pengendali untuk suatu Sistem Basisdata Oracle. SGA harus selalu berada di dalam memori yang non-paged atau non-swapped. jika banyak user yang terhubung bersamaan, maka data pada SGA akan di shared diantara user-user tersebut. Ini mengapa SGA banyak diartikan sebagai (Shared Global Area).

Shared Pool

Shared Pool adalah suatu bagian dari SGA yang memuat konstruksi shared SQL Area dan Data Dictionary Cache.

** Shared SQL Area: adalah bagian dari SGA yang berisi segala macam sintaks SQL yang pernah dilakukan atau di eksekusi oleh USER. Setiap shared SQL area mengandung informasi yang digunakan untuk menjalankan suatu perintah SQL tunggal. proses-proses yang berjalan akan mengeksekusi perintah-perintah SQL identik yang informasinya di share. suatu perintah SQL ditempatkan pada suatu shared SQL Area berdasarkan pada suatu algoritma hashing yang diterapkan pada perintah tersebut. oleh karena itu, hanya perintah-perintah yang sama seluruhnya yang akan dialokasikan ke lokasi memori yang sama. bisa juga disebut Library Cache

** Private SQL Area: adalah bagian dari PGA yang berisi segala sintaks Private SQLS (Explicit cursor SQLs) yang dilakukan di tiap session.

beda dari keduanya adalah, Shared SQL Area dilakukan pada arsitektur multi-threaded dimana yang menangani proses session adalah SGA, sedangkan untuk Private SQL Area adalah bila sebuah session dijalankan pada sebuah arsitektur Dedicated (diambil alih oleh PGA = Private Global Area)

** Data Dictionary Cache
Data Dictionary merupakan suatu kumpulan tabel dan view basisdata yang mengandung referensi informasi tentang basis data, struktur, dan user. data yang disimpan dalam data dictionary adalah sebagai berikut:
  • Nama dari semua tabel dan views dalam basis data
  • Nama dan tipe data dari kolom dalam tabel basis data
  • Privileges dari semua user Oracle
Content Shared Pool
  • Teks perintah SQL atau PL/SQL
  • Hasil parsing dari perintah SQL atau PL/SQL
  • Rencana eksekusi dari perintah SQL atau PL/SQL
  • Data Dictionary cache yang mengandung baris dari informasi data dictionary


Jadi, bila seorang user login ke database atau aplikasi yang terhubung ke database, dan melakukan eksekusi. maka SQL sintaks tersebut pertama kali akan diakses oleh Shared Pool ini. Meskipun sebelumnya, pada saat dia eksekusi SQL sintaks akan di cek dulu user tersebut login dari arsitektur multi-threaded (ditangani langsung SGA) atau dedicated (ditangani oleh PGA).

Database Buffer Cache

Database buffer cache adalah bagian dari SGA yang berfungsi untuk menyimpan copy dari blog data yang dibaca dari disk. semua user yang terhubung ke sistem memperoleh sharing untuk mengakses database buffer cache.

Pengaksesan Data
  • Cache Miss : Terjadi pada saat pertama kali seorang User mengakses suatu bagian data, proses harus meng-copy data dari disk ke cache sebelum mengakses nya.
  • Cache Hit : Terjadi ketika sebuah proses mengakses bagian data yang sudah ada di cache, proses tersebut dapat membaca data dari memori secara langsung.
sebuah pengaksesan data melalui cache hit akan berlangsung lebih cepat daripada pengaksesan data melalui suatu cache miss. karena cache memiliki keterbatasan ruang, maka semua data pada disk tidak dapat dimasukkan dalam cache. Ketika cache penug, subsekuen cache misalnya akan memberikan intruksi untuk menuliskan data yang sudah ada di cache ke disk untuk membuat tempat bagi data baru. dan akan menyebabkan suatu cache miss (karena data baru di tulis ke disk tuk pertama kali).

Database Buffer Cache akan dikunjungi jika seorang user melakukan query SQL setelah melewati Shared Pool.

Redo Log Buffer

Redo Log Buffer adalah suatu circular buffer yang berisi informasi tentang perubahan-perubahan yang terjadi di database, tugas Redo Log Buffer adalah:
  • Mencatat semua perubahan yang terjadi pada basis data dalam redo log buffer
  • merekonstruksi perubahanyang terjadi pada entry-entry basis data dan rollback segment pada saat terjadi proses recovery
  • dapat di bypass menggunakan kata kunci UNRECOVERABLE pada perintah CREATE TABLE dan CREATE INDEX
  • dapat di bypass oleh ORACLE data Loader











2 comments:

Dengan mengirim komentar disini, Anda menyetujui bahwa komentar anda tidak mengandung Rasis ataupun konten pornografi